Home / PHBI

PHBI

PERINGATAN HARI BESAR ISLAM (PHBI)

Umat Muslim setiap tahun merayakan hari besar Islam yang merupakan bentuk peringatan terhadap berbagai peristiwa penting dalam sejarah Islam. Perayaan hari besar tersebut ditandai dengan kegiatan ibadah, seperti pengajian, puasa, ceramah agama, maupun shalat.Berikut adalah beberapa peringatan hari besar Islam yang diperingati oleh Asrama ITUS Kuningan :

  1. Maulid Nabi Muhammad SAW. (Muludan)

Maulid Nabi SAW merupakan peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Maulid Nabi SAW diperingati sebagai perwujudan kecintaan umat Islam untuk mengikuti jejaknya.Maulid Nabi SAW selalu diperingati setiap tahun oleh Santri Asrama. Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara yang  sederhana seperti membaca Barzanji (kitab berbahasa Arab yang berisi syair pujian kepada Nabi SAW), tahlil dan doa bersama. Selain itu juga di adakannya lomba-lomba seperti; Cerdas Cermat, Nasyid, Fahmil Qur’an.

  1. Isra Mikraj (27 Rajab)

Peringatan Isra’ Mi’raj yang rutin dilaksanakan di Asrama dengan berbagai kegitan-kegiatan yang diikuti oleh seluruh santriwan/wati. Kegiatan ini digelar pada siang hari yang bertempat di Masjid Nurul Iman Peusing Jalaksana.

Adapun susunan acara yaitu :

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Ayat-Ayat Suci Al-Qur’an
  3. Sambutan-sambutan
  4. Ceramah Inti(kiyai/da’i/ustadz).
  5. Penutup sekaligus doa

3. Idul Adha

Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Idul Adha (Idul Qurban) diawali dengan pawai obor dengan berjalan kaki dimulai dari Asrama sampai Masjid At-Tin Sidomba. Dan disambung Takbiran dan Bakar ayam, makan bersama santri dan pembimbing. Melaksanakan sholat Idul Fitri, kemudian setelah sholat Id dilanjut dengan kegiatan penyembelihan hewan QurbanYayasan Umar Sjarifuddin dan sekolah SMP/SMA yang dihadiri oleh dewan guru dan siswa/siswi. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dorongan dan konstribusi bagi agama Islam khususnya. dalam rangka meningkatkan akhlakul Karimah santri Asrama ITUS Jalaksana.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *